RSS

Rahasia Cerdas Orang Yahudi

28 Apr

Tidak menarik rasanya hidup ini kalau tidak ada sesuatu yang bisa dijadikan sebagai bahan bacaa. Minggu ini saya sempatkan jalan-jalan ke Gramedia dan akhirnya menemukan satu judul buku yang menarik yaitu “Menguak Rahasia Cara Belajar Orang Yahudi”

Bukanlah hal yang dipungkiri bahwa dalam Alquran pun dinyatakan bahwa bangsa yahudi diberi anugrah kecerdasan yang luar biasa bila dibandingkan dengan bangsa-bangsa yang lainnya. Bangsa yahudi yang hanya sekelompok minoritas tapi mampu menciptakan karya-karya yang spektakuler. Sebagai contoh: Bill Gates yang merupakan orang terkaya di dunia (pendiri perusahaan microsoft), Mark Zuckerberg (pendiri facebook), Larry Page (pencipta google), Albert Einstein (ilmuwan fisika), Lionel Messy dari Barcelona FC (pemain penyerang terbaik dunia oleh FIFA). Itu hanya segelintir orang yang saya sebutkan. Masih banyak lagi keturunan-keturunan yahudi lainnya yang berhasil menciptakan karya spektakuler.

Apakah hanya karena faktor keturunan sajakah sehingga bangsa yahudi menjadi bangsa tercerdas di muka bumi ini ? jawabnya tidak. Karena mereka mempunyai kebiasaan yang setelah diteliti mampu meningkatkan kecerdasan diantaranya:

1. Pembinaan Kecerdasan Sejak Dalam Kandungan

Mendengarkan dan memainkan musik

Apa yang dilakukan oleh para ibu hamil yahudi, hal ini selaras dengan pendapat ahli yang mengatakan bahwa dengan mendengarkan alunan musik terutama piano dan biola dapat merangsang cara kerja otak pada janin. Mereka tidak sembarangan memilih jenis musik karena tahu betul mana musik yang dianggap mampu merangsang kerja otak dan mana yang tidak

Mengerjakan soal matematika

Jangan kaget apabila menjumpai ibu hamil yang senantiasa membawa buku matematika kemanapun. Ini bukan berarti dianggap jimat seperti pada umumnya orang Indonesia. Tapi lebih agar ibu hamil mengerjakan soal matematika dikala hamil. Sebetulnya bukan fokus pada ibu hamil yang mengerjakan soal matematika. Tapi bagaimana agar cara kerja otak janin dapat terangsang. Terkadang ada kerjasama antara suami dan istri untuk secara bersama-sama mengerjakan soal matematika. Dan hal ini sudah menjadi kebiasaan mereka bangsa yahudi

Makanan yang dikonsumsi

Dalam hal makanan, bangsa yahudi sangat menjaga sekali. Mereka tahu betul mana makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak dan mana yang tidak. Karena yang mereka harapkan dari si janin adalah tumbuh menjadi anak yang cerdas. Bukanlah cantik ataupun tampan yang diharapkan. Dianggap sebagai suatu aib apabila memiliki keturunan yang bodoh. Dan memang terbukti keturunan yahudi tidak ada yang bodoh. Beberapa makanan yang dikonsumsi ibu hamil saat mengandung diantaranya adalah:

-          Kacang badam (entah jenis kacang yang bagaimana, saya sendiri juga belum pernah lihat)

-          Korma

-          Susu

-          Daging dan ikan

Mereka sadar betul bahwa makanan ini memiliki kadar protein yang tinggi. Tetapi pada saat memakannya mereka tidak akan memakannya dalam waktu bersamaan. Karena ketika daging dan ikan dimakan bersamaan maka justru akan jadi sebaliknya. Menurunkan tingkat kecerdasan anak. Kalau makan ikan maka hanya ikan saja yang dimakan begitu pula sebaliknya. Ketika memakan ikan mereka sadar betul bahwa yang tidak boleh dimakan adalah kepala ikan. Kenapa ? karena dalam kepala ikan mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kecerdasan anak. Seteliti itulah orang yahudi menyikapi soal makanan. Sehingga jangan heran bangsa yahudi dikenal cerdas.

-          Minyak ikan (pil)

Menjauhi asap rokok

Hanya berkisar sekitar 5% saja dari orang yahudi yang gemar merokok. Ketika hamil, ibu hamil sadar betul untuk menjauhi orang yang sedang merokok. Minimal dalam jarak 15 meter. Kalaupun suaminya merokok, ketika melihat istrinya hamil. Si suami akan dengan sendiri berhenti merokok. Tidak hanya sampai bayi lahir bahkan sampai anak berusia 7 tahun. Kalaupun berniat merokok kembali setelah itu biasanya mereka akan enggan untuk merokok kembali. Maka jangan heran di tempat-tempat umum jarang ditemui orang yahudi yang sedang merokok. Karena mereka khawatir bertemu dengan ibu hamil saat merokok.

2. Pembinaan Kecerdasan Setelah Lahir

Penguasaan bahasa sejak dini

Di usia yang masih belia, para orang tua sadar betul akan pentingnya bahasa bagi perkembangan. Maka jangan heran di usia 5 s.d 10 tahun, anak yahudi sudah menguasai 3 bahasa. Diantara bahasa yang diajarkan oleh orang tua yaitu: bahasa ibrani (bahasa yahudi), bahasa arab dan inggris. Mereka sadar betul bahwa bahasa arab dan inggris dianggap sebagai bahasa yang komunikatif sehingga bisa membuka cakrawala ilmu pengetahuan lainnya. Dengan menguasai 3 bahasa bisa dikatakan bangsa yahudi merupakan bangsa yang sangat cerdas.

Bermain musik

Bukan hal yang aneh bagi bangsa yahudi untuk gemar memainkan alat musik. Hampir seluruh usia. Apalagi pada saat acara hajatan besar maka selalu diiringi dengan musik piano dan biola. Uniknya lagi yang memainkan bukanlah orang dewasa tapi anak-anak yang masih usia belia.

Adapun faktor lainnya juga didukung dengan daya imajinasi, kerja keras dan pantang menyerah yang dimiliki oleh bangsa yahudi.

Itulah segelintir rahasia yang dimiliki oleh orang yahudi agar generasinya tumbuh menjadi generasi yang cerdas. Dalam mindstream kita jangan pernah berpikir bahwa kecerdasan hanya karena faktor keturunan saja tapi kecerdasan juga bisa diperoleh lewat usaha dan kerja keras.

 

Sumber: buku yang berjudul “Menguak Rahasia Cara Belajar Orang Yahudi” karya Abdul Waid dari penerbit Diva Press tahun 2012

About these ads
 
17 Comments

Posted by on 28 April 2012 in Motivasi

 

Tags: , ,

17 responses to “Rahasia Cerdas Orang Yahudi

  1. Rian | sukses itu B E B A S

    9 May 2012 at 12:40

    Rahasia yg menarik.
    Salam,
    http://rssbisnis.wordpress.com

     
  2. suroto

    23 July 2012 at 09:47

    kita harus belajar banyak untuk berhasil………
    buku islam

     
  3. heny anugrah

    7 August 2012 at 17:39

    kebetulan kakek buyutku keturunan yahudi dan aku memang paling suka makan ikan tanpa berbarengan dg daging ketika menyantap. tetapi aku tidak setuju jika ada yg berkesimpulan bahwa yahudi suka dg babi. karna babi adalah binatang kotor. terlepas suka atau tdk dg babi sangat berbeda cara beasumsi tiap individu. kalo aku jelas tak suka babi. ikan dan menghindari rokok adalah wajib bagiku demi kesehatan. protein yg terkandung dlm ikan amat sangat bermanfaat bukn hanya untuk kecerdasan otak tetapi untuk menghaluskan kulit juga. ikan lebih baik ketimbang daging walaupun daging juga bergizi. ikan lebih aman krn dpt menurunkan kadar kolesterol, mengurangi obesitas dan mendorong sel otak untuk sigap dlm berfikir akurat.

     
    • altariq

      8 August 2013 at 01:48

      Yahudi tidak makan babi,…karena tidak khoser,…

       
  4. samiun

    15 September 2012 at 10:58

    trmksh ats infonya.

     
  5. kutu kampret

    22 September 2012 at 13:15

    Mantap gan

     
  6. dhani ahmad

    3 October 2012 at 07:49

    GOODD……. is the BEST daaaahhhhh

     
  7. rahmabalcı

    3 November 2012 at 16:30

    kacang badem*not badam ıtu kacang almond

     
    • yomielow

      6 November 2012 at 14:51

      oh gitu. baru tau. makasih atas infonya mba rahma. salam kenal dr yomi :)

       
  8. contoskripsi.wordpress.com

    5 December 2012 at 17:46

    ilmu yg bermanfaat thanks bro

    sukses sll

     
  9. takmir

    23 January 2013 at 14:25

    seandainya yang meneliti suka baca Alquran pasti yang diperdengarkan bukan memainkan musik, tapi bacaan Al Qur an

     
  10. habibhasnanhabib

    27 January 2013 at 00:18

    Nice blog, informasi yang menarik, kunjungi juga blogku ya!!! Banyak perkawinan menghasilkan anak anak yang berantakan karakternya, beberapa keluarga yang lain mendapatkan anak anak yang ketika dewasa menjadi pribadi pribadi mandiri yang berguna bagi lingkungan dan sesamanya, mengapa bisa berbeda beda jawabannya adalah karena mereka berbeda pola perilakunya saat sang anak dalam kandungan, bila orang tua bersikap egoistis-materialistis saat anak dalam kandungan, saat dewasa kelak anak juga akan mempunyai sifat yang sama, maka saat ibu mengandung jagalah sikap agar berjiwa religius-sosialistis agar anak saat dewasa nanti mempunyai sifat kepemimpinan yang merakyat. http://ibumuslimhamil.blogspot.com/2013/01/buku-mencetak-anak-salah-metode-vresh.html

     
  11. dira_adipati

    10 May 2013 at 09:47

    tq bwt info’a,!

    kcag badam ithu kcag almond(bji dri buah badam),!

     
  12. vallentcia

    23 September 2013 at 07:50

    thank wat info’a,,,sangat b’manfaat!

     
  13. kursus seo

    20 January 2014 at 15:31

    wah keren bnget tulisan review dari mas..
    mkasih …
    bermanfaat

     
  14. kursus seo

    20 January 2014 at 15:39

    oya mbak kalau bermint mempromosikan ane pnya produk namnya ebook SEO

     
  15. Yoi

    21 January 2014 at 05:38

    Bangsa pilihan

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Jadwal Sholat




  •  
    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: