RSS

Peternakan Ayam Kampung Solusi memulai bisnis Yang Menyenangkan bagi pemula

18 Aug

Pengen merintis usaha tapi gak punya modal? Gimana solusinya? Pinjam di bank, tapi gak punya jaminan dalam pembayaran? Atau selamanya hanya memendam mimpi itu tapi gak pernah kesampean?

Kata orang kalau mau berbisnis jangan hanya sekedar asal ngomong. Tapi juga harus disertai dengan praktek. Tak akan berhasil seseorang jika dia tidak mau mencoba berbuat sesuatu hal. Bagi yang ingin merintis usaha dari bawah dengan modal yang sangat kecil bisa mempraktekan salah satu jenis yang sedang saya coba jalani. Apa itu? Jawabannya adalah peternakan ayam.

Berikut kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika memulai bisnis peternakan ayam:

  1. Modalnya kecil bagi yang ingin merintis dari bawah
  2. Cara pemeliharaannya mudah
  3. Bisa dilakukan di waktu yang senggang bagi yang sibuk dengan pekerjaan lain

Itulah salah satu kelebihan yang bisa saya paparkan disini. Sepanjang yang saya tahu dan sedang saya coba saat ini. Dengan catatan orang yang ingin berbisnis di dunia peternakan adalah yang memiliki jiwa senang dengan dunia binatang.

Berikut ini tips dan langkah dalam membangun peternakan bagi yang benar-benar ingin merintis dari bawah:

  1. Carilah jenis ayam kampung yang sudah cukup umur (6 bulan). Lebih disarankan beli dua ayam (jantan dan betina). Kalau hanya sanggup beli satu cukup ayam betina saja dulu. Untuk sementara belum punya ayam pejantan maka diternakan di alam bebas saja dulu seperti halnya ayam-ayam kampung pada umumnya. Biasanya tetangga suka ada yang punya ayam jantan.
  2. Syarat kedua dalam memulai bisnis peternakan adalah kandang. Jika belum punya modal untuk membuat kandang. Sementara bisa dikandangkan di dalam karung, kardus besar, atau apa saja yang bisa digunakan untuk menyimpan ayam jika malam hari.
  3. Jika betina yang diternakan di alam bebas sudah mulai bertelur. Pikirkan tempat untuk mengerami dan bertelur bagi ayam. Boleh memakai kardus mie instan yang dialasi dengan karung agar empuk dan ayam merasa nyaman untuk mengerami. Waktu untuk mengerami bagi ayam sekitar 3 minggu.
  4. Jika sudah menetas telurnya, pisahkan anak ayam dengan induknya. Biarkan induk ayam dialam bebas kembali agar bisa bertelur kembali.
  5. Pelihara anak ayam dengan intensif terpisah dengan induk. Kalau belum punya kandang untuk pemeliharaan anak ayam. Bisa menggunakan kardus ukuran besar. Didalamnya beri tempat makan berupa opan yang bisa dibeli di toko yang menjual pakan ternak,tempat minum yang dicampur dengan serbuk vitamin ayam dan penghangat cukup dengan lampu bolam 5 watt yang dialiri listrik. Sederhana bukan?
  6. Untuk induk ayam biarkan kembali ke alam bebas, agar bisa bertemu dengan pejantan supaya bisa bertelur kembali.
  7. Agar induk ayam cepat bertelur, mandikan induk ayam dari kepala sampai kaki untuk merangsang supaya cepat subur kembali. Tidak usah dikeringkan, biarkan ayam itu sibuk mengeringkan badannya sendiri agar sibuk dengan aktifitas mengeringkan badan. Tujuannya agar induk lupa sama anaknya. Hahaa.. kejam skali.
  8. Kalau induk ayam masih saja mencari anaknya, trus mandikan. lakukan slama 2 atau 3 hari sampai induk lupa dengan anaknya.
  9. Jika ayam sudah banyak, jual dan belikan kandang yang layak. Atau kalau mau bikin sendiri bisa menghabiskan biaya sekitar 200-300rb perkandang dengan empat ruang bertingkat dua 70cmx140cm. Jika ayam terus bertambah tambah lagi kandangnya dan seterusnya. Mudah-mudahan tips ini bisa berguna bagi yang ingin memulai bisnis ayam kampung dari nol.
  10. Untuk membuat usaha peternakan ayam jangan selalu berpikir di mulai dari kandang. Apalagi jika yang dipikirkan kandang besar dalam bentuk seperti rumah. Tapi dimulai dari ayam. Judulnya aja peternakan ayam.
  11. Ayo bareng-bareng bangun peternakan ayam, jangan takut ama kotorannya. hehehe……………
About these ads
 
26 Comments

Posted by on 18 August 2011 in Peternakan, Uncategorized

 

Tags: , , , , ,

26 responses to “Peternakan Ayam Kampung Solusi memulai bisnis Yang Menyenangkan bagi pemula

  1. inung

    6 October 2011 at 00:36

    he..he, inspiratif dan memotivasi..

     
  2. inung

    6 October 2011 at 00:38

    he..he, inspiratif , memotivasi dan jenaka..

     
  3. inung

    6 October 2011 at 00:41

    inspiratif dan jenaka..

     
  4. myami

    12 November 2011 at 13:25

    inspiratif

     
    • myami

      12 November 2011 at 13:29

      mau iih bisnis ayam kampung.. soalnya sy suka bgt masakan ayam kampung hehe.. btw pasarannya gmn ya?

       
  5. estu

    11 January 2012 at 08:16

    om kalo masalah bau tai ayam gimana?? ntar di marahin tetangga??

     
    • yomielow

      28 January 2012 at 08:45

      bukan om om kali. masa ada om om yg pake kerudung

       
  6. Aam Gebes

    25 January 2012 at 16:14

    sipp bagus sekali , terimakasih mas

     
    • yomielow

      28 January 2012 at 08:46

      nih jg sama. sejak kpn diriku jadi mas mas :D

       
  7. Ficry

    22 March 2012 at 16:14

    Bagus banget tipsnya,,,,
    beneran kita mau beternak ayam, bukan beternak kandang,,hahahah

     
    • yomielow

      28 April 2012 at 17:44

      heheee… maklum masih baru jadi penulis kelas teri. yang penting apa yang ada dipikiran ditulis aja :D

       
  8. aco

    2 May 2012 at 14:27

    mks atas tipsx n motivasix

     
  9. Amin SA

    5 May 2012 at 03:06

    kren tips na….

     
  10. arief

    27 May 2012 at 02:46

    ka sya pnya ayam kmpng sdh lmyn bnyk tp sya bnggung gmna cara memasarkannya dan bnggung mau di taruh di mna lgi ayam nya udh gk ad lhan mohon saranya..

     
  11. da

    31 July 2012 at 11:30

    Hehehe ini baru dukung hobby aku tantangannya gimana bisa beternak pemandangan indah,memenuhi persyaratan landscape tidak berbau dan dapat uang serta hati senang

     
  12. gil

    12 September 2012 at 04:05

    oh ya aku juga mau memulai bisnis itu tapi bagaimana dengan pemasarannya nanti.

     
  13. loren

    3 October 2012 at 10:15

    bagus info.a mba

     
  14. futianaa

    24 October 2012 at 06:36

    sip banget nih idenya

     
  15. aderahmatillahconseling

    4 November 2012 at 05:35

    siapa pun kmu aku ucapkan bnyk terimaksih, atas informasinya,,

     
    • yomielow

      6 November 2012 at 14:53

      sama2. makasih jg udah berkunjung kesini :)

       
  16. yannikeren

    17 January 2013 at 01:29

    thx info dan motivasinya,
    sy dah jln 2 bln ini. dr tiga ekor ayam (1 jantan) skrg dah jd 20.

     
  17. syabil

    22 February 2013 at 03:43

    thx informasinya

     
  18. hery an

    6 March 2013 at 23:13

    thank,s

     
  19. reza

    13 May 2013 at 07:30

    kami menyediakan bibit DOC ayam potong dan pakan ayam partai besar
    * harga DOC per box Rp 550.000 (pembelian min 10 box)lebih dari 15 box harga 500.000 per box.
    *harga pakan ayam (POR BR) Rp 8500 per kg(pembelian minimal 100 kg)
    lebih dari 200 kg harga 8000 per kg

    melayani pengiriman..dan ongkir di tanggung penjual dan pembeli alias setengah setengah
    lokasimalang jatim
    contac:089623034551 (reza)
    email:metharez89@gmail.com

     
  20. Rhalilintar@gmail.com

    8 June 2013 at 14:47

    Mantap bro

     
  21. ahmad tri afandi

    26 March 2014 at 02:33

    Assalamulaikum wr wb
    Cara agar betina ayam kampung bertelur nonstop sepanjang hari semau kita, InsyaAllah.
    1. Beli ayam kampong jantan + betina, usahakan si jantan bukan saudara si betina.
    2. Pelihara di kandang / diumbar liar ke pekarangan.
    3. Paksa kedua ayam ( dipaksa makan jamu ) berupa daging siput air / bekicot atau yang berprotein tinggi.
    4. Jika si betina sudah ada tanda-tanda mau bertelur maka buatkan sarang menggunakan jerami kering.
    5. Hari pertama induk bertelur biarkan telurnya tetap di sarang.
    6. Hari kedua si betina akan bertelur lagi, maka ambil 1 telur yang kemarin.
    7. Pada hari ketiga betina akan betelur lagi dan ambil 1 telur yang kemarin.
    8. Pada hari ke empat dan seterusnya lakukan kegiatan seperti point 6 dan 7 di atas.
    9. Jangan lupa memberikan pakan ayam berupa jagung ataupun apalah yang biasa dimakan ayam.
    10. Sediakan tempat minum , jika perlu rebuslah air minum ayam dengan ditambah dengan daun sirih atapun juga daun binahong ( daun sirih dan binahong dapat menekan jumlah bakteri dalam tubuh ayam dan menguatkan system kekebalan pada ayam maupun manusia ).
    11. Triks tersebut sudah saya praktekan, dulu sewaktu masih sekolah si SMK N 1 Blitar. Saya dapat ide dari teman saya dan akhirnya saya berhasil membuat ayam betina saya bertelur sebanyak 31 dengan rincian yang 28 butir saya konsumsi ( heheheh, doyan banget ya, ) dan yang 3 butir saya tetaskan.
    Catatan : si induk akan rajin bertelur jika melihat sarangnya Cuma terisi 1 butir telur, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat, amin. Jika ingin sharing dengan saya bisa SMS atau Telp ke 085706473768 ( im3 ) , wassalamualaikum wr wb. insyaAllah berguna. Ahmad Tri Afandi.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Jadwal Sholat




  •  
    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: